Selasa, 05 Juni 2012

Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

Tubuh kita perlu mengkonsumsi sayuran setiap hari, tidak hanya sebagai sumber serat tetapi juga banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sayuran. Sayuran ada bermacam – macam jenis dan warnanya, ternyata beda warna sayuran beda pula zat gizi yang dikandungnya.
Berikut ini adalah beberapa warna sayuran, zat gizi yang dikandung dan manfaatnya bagi tubuh :
1. Merah. Sayuran yang berwarna merah diantaranya adalah terung, kol merah dan bayam merah. Pigmen pada sayuran jenis ini mengandung “flavonoid” yang berfungsi sebagai antikanker.
2. Jingga. Beberapa sayuran yang memiliki warna jingga antara lain ubi jalar merah, labu kuning dan wortel. Sayuran ini mengandung betakaroten & vitamin A. Fungsi betakaroten adalah untuk menghambat proses penuaan sel, sedangkan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.
3. Kuning. Contoh dari sayuran yang berwarna kuning adalah paprika kuning dan jagung. Sayuran berwarna kuning ini ampuh dalam memerangi katarak, serangan jantung dan stroke.
4. Hijau. Kebanyakan sayuran memang berwarna hijau diantaranya adalah bayam, kangkung, sawi dan brokoli. Sayuran hijau mengandung banyak sekali mineral diantaranya adalah zat besi, kalsium, magnesium, fosfor dan betakaroten.
Dengan mengkonsumsi sayuran hijau, selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena banyak mineral yang dikandungnya juga sangat baik untuk diet anda.

0 komentar:

Posting Komentar