Selasa, 05 Juni 2012

Khasiat Luar Biasa Rumput Laut

Rumput laut telah dimanfaatkan oleh Bangsa Cina dan Jepang semenjak ribuan tahun yang lalu. Jenisnya pun ada berbagai macam, namun salah satu yang paling populer adalah nori. Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan, kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis dan dikeringkan. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, khususnya sebagai pembungkus sushi.
Selain enak, ternyata rumput laut juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :
1. Baik untuk sistem ketahanan tubuh. Rumput laut mampu meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung, peredaran darah dan juga sistem pencernaan.
2. Baik untuk sistem perncernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam rumput laut dapat membantu mencegah kanker usus besar, melancarkan pencernaan dan buang air besar.
3. Baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A & Vitamin C nya bekerja memelihara kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Sedangkan kandungan protein dari rumput laut bekerja membentuk jaringan baru pada kulit.
4. Mencegah kanker. Rumput laut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, yang dapat melawan radikal bebas berbahaya bagi tubuh dan juga bekerja mencegah kanker.
5. Mencegah Osteoporosis. Kandungan kalsium rumput laut ternyata 10 kali lebih tinggi dibanding susu, sehingga sangat baik untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.
6. Baik untuk diet yang sehat. Rumput laut sangat baik untuk diet karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, rumput laut dapat meluruhkan lemak – lemak di perut, sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi resiko obesitas.

0 komentar:

Posting Komentar