Minggu, 21 Oktober 2012

Membuat Favicon Dengan Favicon Generator Online

MEMBUAT FAVICON UNTUK BLOG. Menurut yang Tips Trik Blog baca di sini, Favicon yang merupakan singkatan dari Favourite Icon dan dikenal juga dengan page icon adalah suatu icon yang berhubungan dengan suatu halaman web tertentu. Dengan demikian bisa jadi favicon merupakan brand mark yang akan memberi ciri dan identitas web tertentu atau (dalam hal ini) blog sehingga dengan hanya melihat icon tersebut orang akan dapat mengenali blog kita. Dalam bahasa praktisnya, favicon adalah gambar atau icon kecil yang letaknya berada di sebelah kiri address bar pada browser yang kita gunakan.
Sebenarnya secara default, Blogger juga mempunyai favicon sendiri berupa icon kas blogger yaitu berupa huruf B besar berwarna putih dengan latar belakang orange. Karena berbagai pertimbangan seperti di atas, kita dapat mengganti favicon buatan sendiri yang diharapkan akan memberi ciri khas terhadap blog kita.
Sebelum memasang favicon pada blog, kita harus mempunyai gambar yang berformat *.ico. Jika belum mempunyainya, Anda dapat menggunakan bantuan favicon generator online. Anda dapat mencoba di http://tools.dynamicdrive.com/favicon/, atau di http://www.favicongenerator.com/, atau juga di http://www.favicon.co.uk/ dan masih banyak yang lainnya yang dapat Anda googling di internet.
Berikut langkah-langkah salah satu cara membuat favicon dengan menggunakan salah satu favicon generator.
1. Siapkan gambar yang akan Anda jadikan Favicon. Anda dapat membuatnya dengan bantuan Adobe Photoshop.
2. Masuk halaman http://www.favicongenerator.com/ (salah satu contoh)
3. Kemudian klik browse dan temukan lokasi folder tempat gambar Anda simpan, screenshotnya seperti di bawah ini.
4. Kemudian klik pada “generate Favicon!” dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
5. Kemudian klik “Click Here Download Your Favicon!” untuk mendownload atau menyimpan hasil faviconnya di computer local Anda, screenshotnya seperti di bawah ini.
6. Selesai
Sampai di sini, Anda telah memiliki gambar favicon dari hasil kreasi Anda sendiri.
Atau Anda yang tidak ingin bersusah payah membuatnya, Anda juga dapat memperoleh favicon gratis di http://www.favicon.co.uk/gallery.php atau juga di http://thefavicongallery.com/ dan masih banyak situs lainnya yang menyediakan favicon gratis yang dapat Anda googling di internet.
Langkah selanjutnya adalah memasang favicon pada blog yang dapat Anda ikuti pada postingan selanjutnya, yaitu di sini.

0 komentar:

Posting Komentar