Jumat, 13 Juli 2012

Tips Hidup Sehat : Ketawa dan Makanan Penambah Stamina


Oleh : Abas Zainudin
Ketawa bagi orang timur terutama orang jawa sangat tabu bila dilakukan berlebihan. Tetapi tahukah anda bahwa ketawa mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Sejauh ini penelitian telah menunjukkan bahwa ketawa dapat membantu menghilangkan rasa sakit, membuat bahagia, bahkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ketawa:

Menurunkan hormon Stress

Hormon stress seperti kortisol dopamin, hormon pertumbuhan, dan adrenalin dapat diturunkan dengan ketawa. Hormon-hormon yang dapat meningkatkan kesehatan seperti endorfin dan neurotransmiter juga dapat ditingkatkan. Tidak hanya itu, tertawa juga dapat meningkatkan jumlah  sel yang memproduksi antibodi dan meningkatkan efektifitas sel T.

Melepaskan ketegangan fisik dan emosional

Pernakah anda merasa ingin tertawa atau merasa ingin menangis tanpa anda ketahui penyebabnya? Pernahkan anda merasa begitu lepas setelah anda tertawa terbahak-bahak? Hal ini terjadi karena ketawa dapat melepaskan ketegangan fisik dan emosional.

Latihan ketawa

Ketawa yang baik adalah ketawa yang berasal dari perut. Tidak mudah melakukan ketawa seperti itu. Biasanya ketawa perut akan terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar hal-hal yang menurutnya lucu. Jika anda termasuk orang yang mudah ketawa maka anda termasuk orang yang beruntung karena anda akan dengan mudah melepaskan ketegangan. Apalagi jika anda bisa ketawa tanpa sebab. Tetapi jika anda termasuk orang yang sulit ketawa, anda harus berlatih. Caranya adalah dengan membayangkan hal-hal yang menurut anda lucu.

Mengubah Prespektif

Tanggapan umum tentang stress adalah menganggap bahwa stress adalah suatu ancaman. Tapi sebenarnya tidaklah demikian. Bahkan stress adalah reaksi umum terhadap badan agar segera menyelesaikan masalah. Stress bisa diubah menjadi energi yang positif jika kita menganggap stress suatu tantangan. Bagi yang menganggap stress suatu ancaman, humor bisa memberikan kita perspektif yang lebih ringan dan dapat dengan mudah mengubah stress menjadi suatu tantangan.

Ketawa bagi kehidupan sosial

Ketawa seperti halnya kesedihan adalah seperti virus, dia dapat menular kepada siapa saja. Jika anda membawa ketawa pada kehidupan sosial maka anda dapat membantu orang lain untuk melepaskan kepenatan hidup. Dengan menularkan ketawa pada orang disekitar anda, anda dapat mengurangi tingkat stress mereka, dan mungkin anda bisa meningkatkan kualitas hubungan sosial anda.

Dapatkah ketawa ketika sedih

Perspektif umum menganggap bahwa ketawa dan sedih adalah paradoks. Tidaklah mungkin bisa ketawa ketika sedih. Tetapi saya melihatnya lain. Jika orang bisa menangis ketika bahagia mengapa kita tidak bisa ketawa ketika sedih.  Biasanya kesedihan yang anti klimaks bisa membuat orang ketawa. Ini ketika kesedihan telah mencapai titik nadir.
Dengan demikian sebenarnya kita bisa ketawa ketika sedih.
Ketawa sangat penting jika ingin melepaskan ketegangan. Tetapi jika anda tidak bisa ketawa ketika sedih, maka tangisan juga sebenarnya dapat melepaskan ketegangan. Menangislah, jangan ditahan. Tangisan yang tertahan membuat anda tegang. Sebaliknya tangisan bebas dengan mengeluarkan suara yang keras, dan dilakukan sampai anda tidak ingin menangis atau sampai anda lelah, maka akan membuat anda tenang dan rileks. Inilah rahasia panjang umur perempuan, sebagaimana kita mengetahui bahwa kesempatan hidup perempuan lebih panjang jika dibandingkan laki-laki. Ini karena perempuan seringkali menangis jika sedih atau mendapatkan masalah yang sulit untuk dipecahkan. Bahkan anda bisa ketawa ketika menangis demikian juga sebaliknya anda bisa menangis ketika ketawa.

Makanan Penambah Stamina

Ketawa dan makanan penambah stamina adalah satu paket. Biasanya jika kita kurang bersemangat, loyo dan tidak bergairah, ketawa  sangat membantu. Maka ketawa adalah diibaratkan makanan penambah stamina. Ketika anda loyo, kurang bersemangat dan tidak bergairah, maka tertawalah. Hidup ini indah, tidak perlu ada yang dirisaukan.
Tetapi jika ketawa tidak membuat anda bersemangat, anda masih loyo dan tidak bergairah, maka anda perlu membutuhkan makanan penambah stamina yang lain. Klik disini untuk informasi.

0 komentar:

Posting Komentar